Senin, 29 Agustus 2016

MASIH - Dieng Culture Festival 2016 (PART II)

<< Part I klik Disini                      Part III klik Disini >>

Dieng, 6 Agustus 2016
Sempat ada obrolan sebelum tidur kemarennya, mau liat sunrise di Salah satu bukit di Dieng, dan ternyata hanya angan karena kesiangan. Hari itupun kita putuskan untuk jalan jalan disekitar Kawasan Festival, agak ngejauhin dikit sih.. dan akhirnya Bukit Sidengkeng pun jadi tujuan kami saat itu

on the way, untung Dieng adem, mau naik siang bolong juga ga masalah

Lebih landai dari bukit Scotter, tapi lebih lama untuk sampai atas, jangan lupa bawa minum dan cemilan, dan bawa turun lagi sampahnya.

satu dari sekian banyak list apa itu yang disebut sebagai  family goals

"tolong itu GoPro nya di bungkus aja, yang pedes karetnya 1 ya" - said Program Manager

Di ketinggian bukit Sidengkeng, view yang paling jelas terlihat adalah Talaga Warna. Cuaca saat itu agak terik, tapi ga bikin keringet yang berarti, tetep adem, tetep bikin pengen balik lagi kesana. HTM kesini Free kok, cuman kalau kalian mau nginep pakai tenda, ada biaya khusus (kalau gasalah Rp 10.000)

Tahun kemaren kita masih sibuk berkutat di Tugas Akhir, dan tahun ini kita mulai sibuk mencari 'pelabuhan terakhir'

6 Agustus, itu artinya setahun yang lalu Aku, Moga, Mas Hanif dan Fadjar otw memulai perjalanan 20 hari yang gila! keupnormal-an perjalanan itu kami sedikit rayakan di Dieng ini, dan masing masing dari kami punya pengharapan trip kedepannya, termasuk Iwit yang baru gabung kembali, semoga ga kapok ya gabung bareng yang manja ini, mau diajak susah tapi lebih sering nyusahin orang. (cerita 20 hari perjalanan bisa dibaca disini)

se adem ademnya Dieng, pohon rindang tetep jadi idola kalau liburan (neduuuh!)

Pengalaman perdana lainnya adalah challenge diri sendiri untuk liburan tanpa jajan di plastik, dengan membawa misting dan tumbler. Aku cuman gamau ikan ikan dilaut  nyemilih sampah plastik yang kebuang kesana pada akhirnya :(

Puas mendokumentasikan sekitar, masih siang, semangat jajanpun dataaaang. Pas mau ke parkiran, nemu ibu ibu yang jualan cilok.. luluh lah hati ini. Cukup dengan Rp 10.000, kita ngemil tu cilok bareng bareng

karena cilok ga bikin kenyang, saat itu aku tiba tiba ngidam nasi padang, dan mereka manut manut aja mau. Yaudah deh, ternyata benar wacana tentang Warung Nasi Padang itu selalu ada di setiap sudut Indonesia, dan sejauh aku ngetrip, tiap daerah pasti ada aja warung nasi khas tahan minang ini. Bahkan di Florespun ada, cek deh.

muka kenyang habis kena bumbu rendang dan sambal hijau, lanjuuuuuut

Hari masih panjang, dan bosen naik mobil. Pas perjalanan pulang dari Sidengkeng ke homestay, kita sempet liat bianglala yang ternyata pasar malam nya Dieng. Tanpa basa basi, kitapun jalan kesana.. tanpa tau sebenernya jalan yang bener itu rutenya dimana, kalau udah kaya gitu, kita biasa pake aplikasi naluri, jalan aja ngikutin arah kaki dan angin berjalan bahkan sampai ngikutin anak yang lari lari kecil dan ternyata benar, tujuan kita sama sama mau ke Pasar Malam. Sampailah kita di tempat yang sebetulnya ga ada di rundown acara Festival, dimana ada jalan sama mereka, disitu ada improve nabrak nabrak bebas mau kemana terserah kita. Dan pasar malampun berhasil bikin kita meluapkan isi hati dengan teriak teriak !

dilarang jaim ! karena ini bukan foto studio
“yang bikin serem itu bukan pas kita lagi di atas, atau pas meluncur, tapi karena ga ada pengamannya ! fix, ini kora kora Non -SNI” - Mas Hanif.

Pecah semua ketawa dan teriak teriak ekstreem yang gabisa dilakuin dirumah ataupun di kantor, yaa meski aku gabisa teriak nyelengking kaya cewe pada umumnya sih, tapi asli itu lepas bangetttt. Selain kora kora non SNI, ngebet naik Bianglala pun tercapai :)

Sore menuju malam kala itu terasa berbeda guys,
we back to childhood, play & grab anything, eat everything - Moga

Sedikit hujan malam itu pas kita mau balik ke homestay. Ga cuman hujan, kita juga sempet ngaco milih jalan ke pinggir pinggir komplek candi, dengan keadaan gelap, untungya ada yang bawa center dan cahaya hp jadi masih bisa liat jalan. Oh bukan, itu bukan jalan, itu semacem kebun dengan tanah yang agak becek dan kadang licin. Tapi untungnya sekitar 5 menit nyari jalan, kita nemu tembusan ke jalan raya menuju homestay, Tuhan tau kita masih mau main dan balik kota masing masing.

Malampun berlanjut, kembali lagi ke kawasan Candi Arjuna untuk Jazz diatas Awan yang kedua. Awalnya mager karena hujan yang ga berhenti, tapi galama ternyata stop juga, mungkin Dieng nyuruh kita totalitas, biar dateng ke rangkaian acara yang udah disiapin, oke! kita siap, dan tetep kedinginan. Ga lupa makan malam, dan peralatan lainnya untuk mengisi malming dingin kedua itu termasuk lampion, cemilan, alat dokumentasi, minum dan juga kayu putih

menurutku, dimalam kedua ini lebih wow lagi penampilan artis jazznya, ditambah dengan munculnya tiba tiba babang Anji dengan lirik “oh Tuhaaan, kucinta diaaa.. kusayang dia, rindu dia, inginkan dia~” yang nongol pas orang orang udah ga sabar pengen nerbangin lampion. Dan kau tau, malam yang katanya sampai minus 4 derajat itu, kita lewatin dengan hangat, karena apa? karena indah. Bukan cuman itu, karena kita jadi tiba2 kenalan sama orang sekitar, untuk pinjem korek buat nyalain lampionnya. Ditambah Iwit yang matanya jeli karena ketemu kecengannya di Bandung, yang sama sama ikutan Festival Dieng tahun ini. Dieng.. kau dingin tapi kau buatku merindu (maaf drama)

sebenernya, aku ga begitu exited dengan acara terbang lampion, memang indah, warna warni, bikin anget, tapi ujung2nya dia turun lagi dan useless.. cuman jadi kertas berserakan di suatu tempat. Tapi yang aku seneng adalah, di acara Festival ini ada rundown bersih bersih lampion di hari terakhir pagi, sayang banget sih gabisa ikutan padahal kita udah nerbangin lampion juga. Minimal pas malam itu kita ga ninggalin sampah di lapangan ya guys, plastiknya, ataupun sampah2 lain. Semoga next event bisa lebih tanggung jawab lagi ya kitaaaa.